Selasa, 14 Mei 2013

Latar Belakang ( Kelapa Sawit )



Tingginya peranan kelapa sawit dalam perekonomian indonesia telah mendorong pemerintah dan pihak swasta berlomba-lomba untuk berperan pengembangan kelapa sawit. Hal ini ditunjukan dengan perkembangan luas areal perkebunan kelapa sawit di indonesia. (Data departemen pertanian, 2008).
            Menunjukan terjadi peningkatan luas areal penanaman kelapa sawit selama 28 tahaun, yaitu 290.000 Ha pada tahun 1960 menjadi 6.611.000 Ha pada tahun 2008. (Setyaemididjaja, 2006)
            Kelapa sawit merupakan komoditas perdagangan yang sangat menjanjikan karena beberapa tahun yang akan datang selain digunakan untuk minyak goreng, mentega,sabun dan kosmetika minyak sawit juga dapat dijadikan sebagai subtitusi bahan bakar minyak. faktor yang menjadi bahan perhatian khusus dalam pengolahan kebun klapa sawit adala faktor transportasi. Menjelaskan bahwa keterlambatan pengangkutan TBS (Tandan Buah Segar) ke TPH (Tempat Pengumpulan Hasil) akan mengakibatkan terjadinya restan dan mempengaruhi proses pengolahan, kapasitas olah, dan mutu produk akir. Faktor trasportasi mengikuti jarak pengangkutan TBS ke TPH, kondisi jalan, kondisi topografi lahan, serta jumlah dan kondisi alat angkut. Kehadiran gulma di perkebunan kelapa sawit dapat menurunkan produksi akibat bersaing dalam pengambilan air, hara, sinar matahari, dan ruang hidup. Keberadaan gulma pada areal ringan dapat menurunkan mutu produksi akibat terkontaminasi oleh bagian gulma, menganggu pertumbuhan tanaman, menjadi inang bagi hama, menganggu tata guna air, dan meningkatkan biaya pemeliharaan. Pada areal pasar pikul gulma dapat menganggu kelancaran transportasi TBS ke TPH dan upaya pemeliharaan lainnya. (Pahan, 2008).
Produksi minyak kelapa sawit Indonsia sudah mengalami peningkatan yang sangat mengesankan bagi seluruh dunia.  Jika pada tahun 1985 produksi meningkat mencapai 1,3 juta ton maka untuk tahun 2006, produksi di estimasi 14,7 juta ton CPO (Crude Palm Oil) seperti yang saya sebutkan menyampaikan presentasi pada acara ‘’NIOP National. Convertion ‘’ di Phionix, Arizona, Usa dan acara Globoil international 2006 di Dubai. Derom, (2006).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar